HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bangkai Babi Hanyut Sampai Kelaut Masyarakat Takut Makan Ikan

beritamonitor,sergai. Sejak banyak ditemukan bangkai Babi yang hanyut di sungai hingga sampai kelaut membuat masyarakat Sei Rampah resah, sehingga banyak dari mereka memilih tidak mengonsumsi ikan yang berasal dari laut.

Salah satu sungai yang sering menjadi tempat pembuangan bangkai Babi adalah Sungai Rampah, sungai yang terletak di Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (sergai) ini, mengalir hingga kesungai Bedagai yang terletak di Kecamatan Tanjung Beringin. Sedangkan Sungai Bedagai ini menjadi muara yang terhubung ke laut.

Keresahan ini bukan tanpa alasan, banyaknya isu miring tentang ikan laut yang memakan bangkai Babi ini membuat ibu rumah tangga takut mengonsumsi ikan yang berasal dari laut, karena mereka takut tertular virus
hog cholera sehingga banyak ibu rumah tangga beralih ke lauk pauk yang lain.

Hal ini sempat dituturkan oleh Megawati (36) Ibu Rumah Tangga warga Dusun Sepuluh Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, ia menuturkan "aku sekarang takut makan ikan laut, ku dengar banyak bangkai Babi yang di buang ke Ke Sungai dan ada jugak yang bilang kalau liat Babi mati di pinggir Pantai" Tuturnya.

Lanjutnya ia mengatakan, makanya aku sekarang beli ayam ajalah untuk lauk di Rumah lagipun sejak ada kabar itu Anakku gak mau makan ikan laut lagi, katanya "jijik mak ikannya makan Babi bangkai" itulah kata Anakku.

Sedangkan dr.Bulan Simanungkalit saat di komfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, Virus hog cholera ini tidak menular ke Manusia dia hanya bisa menular ke hewan Babi saja, tegasnya. (12/11/19)

Lebih lanjut ditambahakan dr.Bulan, saya rasa penularan terhadap ikan-ikan di laut tak mungkin terjadi sebab virus itu hanya bisa menulari Babi saja, jadi saya rasa masyarakat jangan terlalu kuatir dengan ikan yang berasal dari laut yang penting kembali kepada Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), sama sama mencintai lingkungan, menjaga kebersihan lungkungan serta kebersihan personal. Kemudian biasakan meminum air yang sudah dimasak dan mencuci tangan pakai sabun. Tuturnya (Boby)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *