HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sudarno, S.Sos Tinjau Ruangan Museum Budaya Sergai

beritamonitor,sergai. Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Poraparbud) Serdang Bedagai (Sergai) Sudarno, S.Sos meninjau ruangan Museum Budaya Sergai, di Replika Istana Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan yang tepatnya di Kantor Dinas Poraparbud Kabupaten Sergai, Selasa (20/8/2019) pagi.
Dalam peninjauan tersebut Kadis Poraparbud Sergai didampingi oleh Kasi Museum J.Manurung, menemukan kalau lampu penerangan untuk museum mengalami kerusakan dan langsung memerintahkan stafnya untuk mencari tukang yang mampu perbaiki lampu tersebut.
Di dalam museum banyak terdapat benda-benda replika seperti Singgasana Sultan Serdang, miniatur Masjid Jami’ Ismailiyah, Gendang, Bendera atau Lambang Kerajaan, Poto dan beberapa miniatur Rumah Adat lainnya.
Kadis Poraparbud Sergai Sudarno, S.Sos mengatakan, Museum Budaya ini rencananya akan menyimpan dan mengumpulkan segala jenis peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Serdang Bedagai, Dan secara perlahan kita akan mengumpulkan benda-benda yang dianggap bersejarah di museum ini agar dapat dikenal seluruh lapisan masyarakat khususnya Kabupaten Sergai.

Jadi kita tahu akan pentingnya sejarah budaya dan tetap terjaga kelestariannya serta dapat dikenal oleh masyarakat Serdang Bedagai. Sehingga anak cucu kita mengetahui sejarah-sejarah kerajaan ataupun budaya yang ada di Sergai, agar dapat terus terjaga dan dilestarikan.

“Kepada masyarakat diharapkan untuk memberikan informasi tentang adanya benda yang dianggap memiliki nilai sejarah, untuk dapat ditempatkan di Museum Budaya Kabupaten Sergai ini,” ungkap Sudarno.
Hal ini dilakukan lanjut Sudarno, agar apa yang menjadi sejarah dan budaya Indonesia khususnya di Kabupaten Sergai ini tidak punah ditelan waktu, tambahnya saat di komfirmasi.
Sementara Kasi Museum Poraparbud Sergai J.Manurung menuturkan, kita rencananya akan turun kelapangan untuk mencari informasi dan mengumpulkan benda-benda yang mempunyai nilai sejarah untuk ditempatkan di museum ini. “Hari ini kita mendapat informasi bahwa ada benda tersebut di daerah Perbaungan, dekat rumah sakit melati,”  dan mungkin kami akan meninjau kesana sebut J.Manurung.(boby)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *