HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Macno Company Peduli Pencegahan Cacingan Pada Anak


Medan,
Cacingan merupakan salah satu penyakit yang dianggap sepele. Biasanya penyakit ini baru disadari ketika perut terasa sakit.

Namun, bila tak ditangani dengan baik, cacingan bisa berujung pada kematian. Cacingan terjadi karena infeksi cacing di dalam tubuh manusia. Larva atau telur cacing dapat masuk ke dalam tubuh melalui tanah yang tercemar (soil transmitted helminthiasis).

Lampiran Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Cacingan menyebutkan, prevalensi cacingan di Indonesia bervariasi antara 2,5 persen hingga 62 persen. Jumlah ini meningkat bila prevalensi cacingan dihitung pada anak usia sekolah, prevalensinya menjadi 80 persen.

Karena permasalah cacingan yang terjadi di Indonesia, maka mahasiswa/i Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara yang tergabung dalam Macno Company tergerak untuk melakukan kampanye pencegahan cacingan pada anak. Lokasi yang dipilih Macno Company adalah NHC Helvetia Medan Generasi Impian yang berlokasi di Gg. Pengabdian No.24B, Tj. Gusta, Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20116.

Kampanye yang dilakukan pada Jum’at 26 Oktober 2018 juga bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara ini diikuti oleh 35 peserta yang berusia sekitar 8-11 Tahun. Dalam kegiatan kampanye yang dilakukan oleh Macno Company ini, mereka memberikan pengetahuan yang disampaikan oleh dr. Rizky Aryo Wicaksono dan dr.Kiki mengenai bahaya penyakit cacingan dan bagaimana cara mencegahnya.

"Kami melakukan kampanye pencegahan cacingan pada anak di Medan Generasi Impian untuk menyadarkan kepada anak-anak bahaya cacingan dan bagaimana cara mencegahnya sehingga dapat mengurangi persenan penderita cacingan di Indonesia” tutur Ketua Panitia Macno Company.

Selain memberikan pengetahuan mengenai penyakit cacingan, mereka juga memberikan obat cacing untuk dikonsumsi oleh anak-anak nantinya.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, nantinya diharapkan,  anak anak dapat hidup sehat, dengan tidak terserang penyakit cacingan yang diakibatkan banyaknya kuman yang ada di lingkungan dan kurangnya menjaga kebersihan. (Disusun intan)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *