HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bantu Warga Kurang Mampu Sambut Puasa & Lebaran Wali Kota Buka 151 Titik Pasar Murah


Medan,  Menyambut datangnya  bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pemko Medan menggelar pasar murah di 151 titik yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan. Lokasi pasar murah diutamakan di kawasan  yang mayoritas penduduknya  kelompok prasejahtera  dan beragama Islam. Di samping itu lokasi pelaksanaan pasar murah yang berlangsung selama sebulan penuh itu jauh dari pasar tradisionil.

                Senin (14/5), Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka pasar murah secara simbolis yang dipusatkan di Lapangan Bola Sejati Jalan Karya Jaya, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor. Dipastikan, harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah dipastikan jauh lebih murah dari harga pasaran, sebab Pemko Medan  mengalokasikan subsidi atas barang kebutuhan  pokok  sebesar Rp.5 miliar.

                Pasar murah yang dibuka secara resmi oleh Wali kota merupakan edisi yang ke-12. Itu sebabnya Wali kota berharap pelaksanaan pasar murah tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan demikian kehadiran pasar murah dapat membantu warga kurang mampu  dapat membeli untuk memenuhi kebutuhannya, terutama dalam menghadapi bulan puasa  dan hari Raya Idul Fitri 1439 H.

                “Insha Allah dengan kehadiran pasar murah ini, saudara-saudara kita yang kurang mampu dapat memenuhi kebutuhannya sehingga mereka dapat lebih tenang dan khusuk dalam menjalani ibadah puasa,” kata Wali kota.

                Atas dasar itulah, Wali Kota mengajak masyarakat, terutama warga kurang mampu agar memanfaatkan pasar murah dengan sebaik-baiknya. Selain harganya relatif jauh lebih murah, seluruh bahan pokok yang dijualpun berkualitas dan layak konsumsi. “Jadi manfaatkanlah kehadiran pasar murah ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

                Kepada camat, lurah dan seluruh panitia yang terlibat dalam pasar murah, Wali Kota menegaskan agar  berpean aktif mengawasi dan mensukseskan pelaksanaan  pasar murah tersebut. “Lakukan pengawasan dengan sebaik-baiknya, ingat, tujuan pelaksanaan pasar murah untuk meringankan beban  warga kurang mampu dalam menyambut  puasa dan lebaran dapat tercapai dan tepat sasaran. Di samping itu yang lebih penting lagi, pastikan bahan kebutuhan pokok yang dijual berkualitas dan layak konsumsi!’ tegasnya.

                Kemudian Wali kota menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli bahan kebutuhan pokok di pasar murah secara berlebihan. Sebab, berdasarkan hasil laporan Satgas Pangan yang telah diturunkan Pemko Medan, stok bahan kebutuhan pokok yang ada di Kota Medan masih tergolong aman hingga tiga bulan mendatang.

                Usai membuka pasar murah, Wali kota didampingi usnur Forkopimda kota Medan diantaranya Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli, Kasdim 0201/BS Letkol Inf I bagus Putu Wijangsa serta  Kaporesta Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Pimpinan  PT bank Sumut  Koordinator Cabang Medan Syafrizal Syah, camat dan lurah serta  pengurus TP PKK selanjutnya menurunkan harga bahan kebutuhan pokok yang dijual.

                Adapun harga jualan bahan kebutuhan pokok yang di jual di pasar tradisioinil diantaranya beras kualitas premium dijual Rp.8.180/kg, harga di pasaran Rp.12.000/kg. Gula pasir Rp.9.950/kg,  pasaran Rp.12.000/kg; tepung terigu Rp.6.180/kg, pasaran Rp.8.000/kg; telur Rp.925/butir, pasaran Rp.1.300/butir; kacang tanah kupas Rp.20.800/kg, pasaran Rp.24.000/kg; blue band 200 gram Rp.5.500/cahet, pasaran Rp.7.000/sachet;  minyak goreng sania 1 liter Rp.11.500/pcs, pasaran Rp.13.500/pcs serta  minyak goreng fortune 1 lter Rp.11.000/pc, pasaran Rp.13.000/pcs.

                Lalu minyak goreng madina 1 liter Rp.10.750/pcs, pasaran Rp.12.750/pcs, minyak goreng palmanco Rp.9.500/pcs, pasaran Rp.12.000/pcs. Kemudian sirup kurnia Rp.15.340/botol, pasaran Rp.17.400/botol; pohon pinang super Rp.18.000/botol, pasaran Rp.19.000/botol;  sarang tawon super qulity Rp.18.000/botol, pasaran Rp.19.000/botol dan pp sirup syukur rasberry Rp.13.500/botol, pasaran Rp.15.000/botol.            

                Sebelum dibuka Wali Kota, Kadis Perdangangan Kota Medan  S Armansyah Lubis selaku penyelenggara pasar murah dalam laporannya mengatakan,  latar belakang digelarnyan pasar murah untuk membantuk masyarakat, terutama kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam menyambut puasa dan lebaran.

                Selain itu ungkap Armansyah, sebagai antisipasi gejolak harga sekaligus menekan laju inflasi mengingat harga bahan kebutuhan pokok jelang hari besar keagamaan seperti puasa dan lebaran cenderung merangkak naik. “Sedangkan tujuan pasar mjurah kita gelar untuk memabntu masyarakat kurang mampu dapat membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga murah dan layak konsumsi,” jelas Armansyah.

                Pelaksanaan murah, kata Armansyah, berlangsung mulai selama 30 hari dengan menjual  8 jenis produk seperti beras kualitas medium, gula pasir, tepung terigu, telur mentega, kacang tanah, minyak goreng dan sirup. “Semoga kehadiran pasar murah dapat membantu warga kurang mampu memnuhi kebutuhan pokoknya,” harap Armansyah.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *