HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wartawan Unit Pemko Medan Bersatu Melalui Rapat Akbar


Medan,Expose,Wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan menggelar rapat akbar di Ruang Rapat IV Balai Kota Medan, Kamis (12/4). Rapat akbar  digelar dalam rangka mempererat tali silaturahmi sekaligus mempersatukan seluruh  jurnalis yang ada.  Di samping itu juga para pemburu berita juga sepakat   dan mendukung penuh, kepemimpinan Muhammad  Edison Ginting dari Harian Waspada sebagai Ketua Koordinator Wartawan Unit Pemko Medan sampai berakhir masa jabatannya pada Februari 2019.
                Rapat akbar ini digelar atas inisiator utama Lilik Riadi, wartawan  Harian Top Metro. Kemudian diikuti wartawan lainnya yakni  Adi Wasgo (Mimbar Umum), Dipo Sumarno (Portibi), Erwan Ilyas (Batak Pos) dan Bernard Situmorang (Media Bangsa). Inisiasi itu dilatarbelakangi  atas keprihatinan kurangnya kekompakan diantara wartawan selama ini.  Klimaksnya, sempat muncul tiga kelompok unit wartawan di lingkungan Pemko Medan.
                Sebelum rapat akbar dimulai, para wartawan pun telah sepakat untuk bersatu dan menyatukan persepsi  sekaligus bulat mengakui hanya ada satu  kelompok wartawan di lingkungan Pemko Medan. Untuk itulah seluruh wartawan yang bertugas mencari berita di jajaran Pemko Medan diundang agar menghadiri  rapat tersebut.
                Mengawali rapat akbar, Bernard mengatakan, rapat akbar  pada prinsipnya tidak ada saling menyalahkan maupun menzalimi. Tujuan  rapat akbar digelar semata-mata untuk menyatukan seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan.
                “Rapat akbar ini kita lakukan untuk menyatukan seluruh wartawan yang ada. Kalau  tidak bersatu, kita (wartawan) yang rugi. Jadi pasca rapat akbar dilakukan, tidak ada lagi kelompok-kelompok wartawan, semua harus bersatu,” kata Bernard.
                Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kabag Humas Ridho Nasution yang hadir dalam acara pembukaan rapat akbar, sangat mengapresiasi atas inisiasi yang dilakukan kelima wartawan tersebut. Melalui rapat akbar,  Ridho optimis seluruh wartawan akan menjadi lebih kompak lagi ke depannya.
                Selanjutnya mantan Camat Medan Barat itu pun berpesan, pasca rapat akbar ini digelar, para wartawan pun disarankan untuk membuat AD/ART sehingga jalannya roda organisasi lebih jelas dan terarah.
“Apabila roda organissi berjalan dengan baik dan terarah, insha Allah para wartawan akan merasakan  manfaatnya. Oleh karenanya saya berharap rapat akbar ini menjadi momen bagi sleuruh wartawan yang ada di lingkungan Pemko Medan untuk bersatu,” harap Ridho.
                Dalam kesempatan itu Ridho tak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan. Selain telah menjalankan fungsinya sebagai social control di tengah masyarakat, Ridho menilai, para wartawan pun selama ini  banyak sekali mempublikasikan berita-berita pembangunan maupun kebijakan yang dilakukan Wali Kota.
                Guna mendukung wartawan semakin berkualitas dan profesional, Ridho pun berencana akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan PWI bagi wartawan yang ada di Pemko Medan. “UKW ini merupakan salah  satu upaya untuk meningkatkan SDM sekaligus menjadikan wartawan semakin profesional,” pungkasnya.
                Berdasarkan data yang diperoleh dari meja panitia, rapat akbar ini dihadiri sekitar 100 wartawan yang  bertugas di Pemko Medan baik media cetak, elektronik dan online.Selanjutnya Pangihutan Rumapea, wartawanonline Tribun Merdeka.Com yang dipercayakan sebagai moderator didampingi lima inisiator memimpin jalannya rapat akbar.
                Sedikit ada riak dalam rapat akbar, beberapa wartawan menginginkan agar dilakukan dikocok ulang  untuk memilih kembali Ketua Koordinator Unit Pemko Medan. Namun  sebagian besar wartawan menolak keinginan tersebut. Mereka sepakat Ketua Koordinator Unit Pemko Medan tetap dijabat Muhammad Edison Ginting. Akhirnya rapat  akbar pun sepakat memutuskan Ginting tetap menjadi Ketua Wartawan Unit Pemko Medan hingga berakhir masa jabatannya Februari 2019.
                Meski demikian hasil rapat juga menyarankan kepada Ginting untuk merombak ‘kabinet’ yang telah dibentuk sebelumnya. Usulan itu langsung diamini, Ginting pun berjanji segera membentuk ‘kabinet’ baru.
“Secepatnya saya  akan mengumumkan kepengurusan yang baru. Insha Allah kepengurudsan nanti merupakan aspirasi dari semua teman-teman wartawan. Untuk itu saya minta dukungan teman-teman, mari kita bersama-sama memajukan organisasi ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” pungkas Ginting.
Rapat akbar pun ditutup dengan silaturahmi. Ginting selanjutnya menyalami para inisiator dan seluruh wartawan yang hadir sebagai bentuk simbolik seluruh wartawan unit Pemko Medan telah bersatu dan siap menjalankan program untuk kemajuan organisasi dan anggota, sekaligus terus membangun sinergitas dengan Pemko Medan tanpa melupakan fungsi sebagai social control.(aden)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *