HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KPU Adakan Pengadaan Lelang Surat Suara


Medan, Ekspose.web.id, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) sudah mengusulkan pengadaan lelang surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) 2018 melalui e-Catalog ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
Sekretaris KPU Sumut Abdul Rajab Pasaribu menjelaskan, untuk mekanisme pengadaan surat suara ini mulanya KPU menyampaikan permohonan dan LKPP yang memproses tindak lanjutnya. Termasuk penenderan melalui e-Catalog merupakan domain dan wewenang LKPP. “Jadi tidak diumumkan dan diproses di sini (KPU Sumut, Red),” katanya kepada Sumut Pos, Rabu (26/4).

Tidak hanya kertas suara, seluruh kegiatan pelelangan sudah diusulkan KPU Sumut ke LKPP Jakarta. Namun ada beberapa item yang memang tidak perlu melalui e-Catalog. “Untuk surat suara harus melalui e-Catalog. Yang memproses adalah pusat. Untuk pemenangnya sampai sekarang saya belum tahu. Tapi biasanya akan diumumkan pada website KPU RI,” katanya.

Sementara itu, mengenai jumlah kertas suara yang diusulkan akan dicetak sesuai total daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU Sumut. Di mana berdasarkan penetapan DPT KPU kabupaten/kota se Sumut. “Kalau jumlah DPT Pilgubsu kita 9 juta lebih, biasanya akan dilebihkan sekian persen dari jumlah tersebut,” pungkasnya.

Komisioner KPU Sumut Divisi SDM dan Partisipasi Hubungan Masyarakat, Yulhasni membenarkan bahwa proses tender surat suara sudah melalui e-Catalog. Setahu dia sudah ada pemenang atas pengadaan tender kegiatan dimaksud.

“Karena itu hal teknis, ditanyakan saja ke Pak Rajab Sekretaris KPU. Pemenang tendernya setahu saya pun sudah ada, cuma saya gak tahu siapa. Bisa dicek website LKPP atau KPU RI,” ujarnya.

Sebelumnya, ungkap dia, pihak bersangkutan telah meminta desain pasangan calon (paslon) Pilgubsu 2018. Kemudian oleh KPU meneruskan ke lembaga berwenang untuk segera ditindaklanjuti. “Nanti setelah ada  informasi dari pak sekretaris soal ini kepada kami, akan kami sampaikan ke kawan-kawan media,” katanya.

Seperti diketahui, KPU Sumut telah menetapkan DPT Pilgubsu 2018 sebanyak 9.052.529 jiwa. Penetapan jumlah DPT ini dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT Tingkat Provinsi yang digelar KPU Sumut di Hotel Adi Mulia Jalan P Diponegoro Medan, Sabtu (21/4). Tercatat, jumlah pemilih Pilgubsu 2018 yang paling banyak berada di Kota Medan dengan jumlah 1.520.301 jiwa dan Kabupaten Deliserdang 1.165.765 jiwa.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *