HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kota Medan Tak Pernah Lepas Dari Masalah Banjir


Medan-Kota Medan seolah tak pernah lepas dari masalah banjir, meski Pemerintah Kota (Pemko) Medan terus melakukan perbaikan drainase maupun gorong-gorong. Salah satu penyebabnya, Pemko Medan tak memiliki peta drainase sehingga masalah banjir tak terselesaikan.

“Ada tiga jenis banjir di Medan, pertama banjir rob, kedua banjir kiriman dan terakhir banjir akibat sendimentasi. Masalah banjir sulit diselesaikan karena Pemko tak memiliki peta drainase,”ujar Godfried Effendi Lubis, Anggota DPRD Kota Medan, Senin (9/4/2018).

Lanjutnya lagi, masalah banjir sulit diatasi karena sungai-sungai yang melintasi Kota Medan tak pernah dikorek. “Harusnya Pemko Medan berkordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) dan melakukan pengorekan sungai. Digunakanlah tandon di sungai, biar saluran lancar,”lanjut politisi Gerindra ini.

Selain persoalan pengorekan drainase, Godfried juga menyoroti gorong-gorong yang dinilainya harus dievaluasi lagi lantaran diameternya bervariasi. Ada yang besar dan ada yang kecil, sehingga mempengaruhi jalannya saluran pembuangan tersebut. “Coba lihat gorong-gorong di depan Mapoldasu dan di Jalan SM Raja, gorong-gorongnya bervariasi. Ini kan jelas mengganggu saluran pembuangan. Gorong-gorong itu harusnya diameter 80 centimeter dan semuanya sama. Saya sudah bilang ini sama Wakil Walikota Medan Akhyar. Ini salah satu cara mengatasi banjir,”sebutnya.

Dia menyayangkan Pemko Medan seolah tak memanfaatkan kanal yang sudah dibangun. “Lihat saja kondisi kanal sekarang, saking keringnya tumbuh rumput di situ. Ini kan membuktikan drainase tak berjalan. Belum lagi permasalahan banjir rob di Belawan, itu harus segera diatasi. Selayaknya dibuat dinas khusus yang menangani masalah air, jangan masalah masyarakat ini dibiarkan saja oleh Pemko Medan,”tukasnya seraya menyebutkan sejumlah sungai yang meliputi Kota Medan, diantaranya Sungai Belawan, Sungai Bedera, Sungai Babura, Sungai Deli dan Sungai Tuntungan.(aden)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *