HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Poldasu Distribusikan 230 Kenderaan Bermotor Roda Dua Bhabinkamtibmas


Medan, (SPN) Untuk meningkatkan kinerja Bhabinkamtibmas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, maka Poldasu menyalurkan bantuan berupa kenderaan bermotor sebanyak 230 unit. Penyerahan ini langsung dipimpin oleh Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw di Lapangan KS Tubun Mapoldasu, Selasa (6/3) sekira pukul 15.00 Wib.
Kapolda Sumut dalam amanatnya mengatakan pendistribusian kendaraan bermotor roda dua, Honda Verza 125 CC sebanyak 230 unit untuk Bhabinkamtibmas dalam rangka kegiatan operasional para bhabinkamtibmas sejajaran Polda Sumut.  Kegiatan ini dalam rangka mengimpelementasikan Nawa Cita Presiden RI, cita ketiga yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan, maka diperlukan suatu gerakan nyata bersama untuk mewujudkan lingkungan desa dan kelurahan yang aman, damai dan sejahtera menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan UUD 1945.
“Telah digulirkan program 3 pilar plus yakni dalam rangka membangun sinergitas antara Kepala Desa / Lurah, Bhabinsa dan bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat ditingkat desa dan kelurahan sehingga dapat bersatu padu dalam melaksanakan pencegahan kejahatan dan penyelesaian permasalahan ditingkat desa / kelurahan, serta warga masyarakat merasakan kehadiran aparatur ditengah-tengah masyarakat. Program tiga pilar plus dapat kita rasakan bersama perkembangan di desa dan di kelurahan dan semakin aktifnya peran serta tokoh masyarakat dalam harkamtibmas seperti dalam mengurangi perkembangan intoleransi, radikalisme, terorisme dan narkoba serta dalam mengikis nilai-nilai negatif akibat perkembangan globalisasi dan paham-paham yang bertolak belakang dengan nilai-nilai pancasila,” ujar Kapoldasu.
Kapoldasu juga mengatakan program tiga pilar plus merupakan impelementasi dari Commander Wish Kapolda Sumut pada strategis satu yaitu meningkatkan kinerja dan modernisasi, program 11 (sebelas) : jaga sinergi dengan instansi terkait dan para tokoh masyarakat, meningkatkan fungsi dan peran Forum tiga plus ( Bhabinsa, bhabinkamtibmas, lurah / kades dan Ormas) optimalkan sinergitas dan kinerja.
“Untuk mendukung implementasi dari Commander Wish Kapolda Sumut perlu didukung fasilitas yang bisa membantu kegiatan bhabinkamtibmas di jajaran dengan di distribusikan ranmor roda dua sebanyak 230 unit untuk mendukung operasional bhabinkamtibmas,” ujarnya.
Adapun Polres- Polres yang menerima sepeda motor dan kelengkapannya yakni Polres Deli Serdang 35 Unit, Polres Tanah Karo 15 Unit, Polres Binjai 16 Unit, Polres Langkat  20 Unit, Polres Asahan 20 Unit, Polres Labuhan Batu 25 Unit, Polres Taput 20 Unit, Polres Madina 25 Unit, Polres Simalungun 15 Unit, Polres Sergai 10 Unit, Polres Tobasa 10 Unit, Polres Tapteng 10 Unit, Polres Nias  5 Unit dan Polres Batubara   4 Unit.
Kapoldasu juga menegaskan bahwa tugas-tugas kepolisian saat ini semakin meningkat dan komplek serta dituntut kecepatan bertindak dilapangan dimana program promoter Kapolri ditekankan untuk melakukan peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media. Peningkatan kinerja dituntut untuk melakukan perbaikan pelayanan publik serta harus mampu menjaga kamtibmas dimana penekanannya adalah dapat menangani konflik sosial, terutama menyangkut sara (suku, agama, ras dan antar golongan) karena itu harus dilakukan pemetaan potensi konflik sejak dini, dimana ciri Polisi masa depan adalah Polisi yang mengutamakan pencegahan (Prevention First).
“Bhabinkamtibmas adalah sebagai ujung tombak deteksi dini di kewilayahan merupakan representasi Polri yang berintegrasi langsung dengan masyarakat dalam mengemban fungsi pencegahan (Preemtif secara sinergis dengan stake holder terkait dan masyarakat. Pengemban fungsi binmas juga sebagai mata dan telinga pimpinan yang paling terdepan untuk melakukan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan kamtibmas sekaligus yang pertama sekali diharapkan dapat melakukan tindakan persuasif terhadap berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas terutama juga dalam pengamanan pilkada serentak 2018 dan menjelang pemilu 2019 sehingga para pengemban fungsi binmas perlu diberikan tambahan sarana dan prasarana guna menunjang pelaksanaan tugas dilapangan. Kepada para Kapolres sejajaran bantuan kendaraan roda dua segera menggunakan dan mendistribuskan fasilitas ranmor roda dua tersebut kepada anggota bhabinkamtibmas dengan tepat guna dan tepat sasaran hindari penggunaan untuk kepentingan pribadi dan lakukan pendataan administrasi yang benar dan peliharalah kendaraan tersebut dengan baik untuk menunjang pelaksanaan tugas operasional bhabinkamtibmas,” ujar Kapoldasu.(Ami)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *