HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wali Kota Buka 53 Titik Pasar Murah Sambut Hari Natal & Tahun Baru 2018


Medan,Expose,-WaliKota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  membuka pasar  murah dalam rangka menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2018  yang dipusatkan di Lapangan Carrefour Citra Garden Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, Kamis (14/12).   Untuk tahun ini, Pemko Medan melalui Dinas Perdagangan Kota Medan membuka 53 titik pasar murah yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan.
                Lokasi pasar murah diutamakan merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya   kelompok ekonomi lemah dan beragama Kristiani. Di samping itu lokasi pasar murah juga jauh dari pasar tradisionil.  Dengan kehadiran pasar murah ini diharapkan dapat membantu meringankan umat Kristiani dalam memenuhi kebutuhan pokok  berkualitas dengan harga murah untuk menghadapi Hari Natal dan Tahun baru 2018.
                Tercatat ada 8 jenis produk  bahan pokok yang dijual dalam pasar merah yakni beras, gula, tepung terigu, telur, mentega, kacang tanah, minyak goreng dan sirup.  Harga  jual bahan pokok yang dijual di pasar murah jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual di pasaran, sebab Pemko Medan telah mengalokasikan  subsidi atas bahan pokok yang dijual itu sebesar Rp.983.775.320.
                Dikatakan Wali Kota, pasar murah ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap tahun, guna mengatasi  lonjakan harganya menyambut datangnya hari besar keagamaan akibat ulah para pedagang nakal untuk mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya. Kondisi tersebut bilang Wali Kota, menyebabkan masyarakat, khususnya warga kurang mampu menjerit.
                “Situasi yang terus berulang ini harus mampu diatasi sedini mungkin oleh kita sebagai pemerintah. Saya berharap agar kehadiran pasar  murah ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, guna sedikit membantu meringankan beban saudara-saudara kita umat Kristiani, terutama yang kurang mampu dari segi ekonomi  untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2018,” kata Wali Kota.
                Selanjutnya Wali Kota berharap kehadiran pasar murah ini dapat menjadi stimulus bagi umat, sehingga mereka merasa tenang, damai dan sejahtera dalam menyambut datangnya Hari Natal dan Tahun Baru 2018. Oleh karenanya Wali Kota berharap pelaksanaan pasar murah ini berjalan dengan lancar.
                Untuk itu Wali Kota minta kepada panitia pasar murah benar-benar menjalankan misi utama dari pasar murah dengan lebih memprioritaskan penjualan bahan kebutuhan pokok kepada  warga beragama Kristiani, terutama yang kurang mampu. “Kepada warga, saya pun berharap agar mereka juga lebih mengutamakan kepada warga beragama Kristiani untuk membelinya, sebab mereka benar-benar membutuhkannya,” harapnya.
                Selain pasar murah, Wali Kota dalam upaya mengendalikan harga, Pemko Medan juga menurunkan Satgas Pangan Kota bekerjasama dengan instansi terkait  untuk  memantau harga di pasar. Jika menemukan ada pedagang yang coba-coba memainkan harga, Satgas Pangan langsung mengambil tindakan tegas.
                Di samping itu juga tambah Wali Kota lagi, Pemko Medan bekerjasam dengan Perum Bulog Divre Sumatera Utara telah melakukan operasi pasar di beberapa pasar tradisionil. “Operasi pasar ini kita lakukan untuk menekan kenaikan harga. Dalam operasi pasar, kita menjual beras, gula, bawah merah dan putih serta cabai merah dan kecil dengan harga lebih murah dibandingkan harga jual di pasar,” jelasnya.
Sementara itu Kadis Perdagangan Kota Medan Syarif Armansyah Lubis dalam laporannya mengatakan,  selain membantu meringankan sedikit beban umat Kristiani, terutama dari kalangan keluarga prasejahtera dalam menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2018, pasar murah yang digelar ini  untuk dapat mengendalikan tingkat inflasi di Kota Medan.
                “Pasar murah ini berlangsung selama 10 hari mulai 14 sampai 23 Desember mendatang.  Kita mengalokasikan dana sebesar Rp.983.775.320 untuk mensubsidi  8 jenis bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah. Dengan subsidi yang dilakukan, harga 8 jenis bahan kebutuhan pokok di pasar murah turun 20% sampai 30 % dari harga pasaran,” jelas Armansyah.
                Lurah Titi Rantai Bona Manuel Tarigan mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, sebab  Kelurahan Titi Rantai dipilih menjadi tempat pembukaan pasar murah. “Kita sangat berterima kasih pembukaan pasar murah dalam rangka menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2018 dipusatkan di Kelurahan Titi Rantai. Tentunya keberadaan pasar murah ini sangat tepat sekali, sebab masyarakat kita sebagian besar beragama Kristiani,” ungkap Bona.
                Usai memberikan  sambutan, Wali Kota bersama  unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan didampingi Kadis Perdagangan  Syarif Armasyah Lubis langsung melakukan penurunan harga terhadap 8 bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah. Untuk beras IR 64 dijual Rp.8.950/kg, sedangkan harga pasaran Rp.11.000/kg. Kemudian tepung terigu  Rp.6.060/kg, harga pasaran Rp.8.000/kg. Lalu, blue band 200 gram Rp.5.450, harga pasaran Rp.6.750.
                Kemudian gula pasir dijual  Rp.9.000/kg, harga pasaran Rp.12.500/kg, telur Rp945/butir, pasaran Rp.1.300/butir, kacang kupas super  Rp.25.200/kg, harga pasaran Rp.25.200/kg, harga pasaran Rp.26.500, minyak goreng  kemasan sania  ukuran 1 liter dijual Rp.12.250/pcs, harga pasaran Rp14.000/pcs, minyak goreng kemasan fortune ukuran 1 liter dijual Rp.11.750/pcs, harga pasaran Rp.13.500/pcs.
                Menyusul minyak goreng kemasan palmanco ukuran 2 liter dijual Rp.18.000/pcs, harga pasaran Rp24.000/pcs, sirup kurnia dijual 15.240/botol, harga pasaran Rp.16.000/botol, pohon pinang super dijual Rp.17.900/botol, harga pasaran Rp.19.500/botol, pohon pinang fres juice dijual Rp.14.150/botol, harga pasaran Rp.15.250/botol,  sarang tawon special quality dijual Rp.17.900/botol, harga pasaran Rp19.500/botol, sarang tawon spesial quality dijual Rp.17.900/botol serta  harga pasaran Rp.19.500/botol. (Aden)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *