HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati Sergai Serahkan Bantuan 400 Unit Gerobak Dagang

LAPOARAN : ARIS
 
 
GEN,Sergai-Sebagai upaya pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan perekonomian bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya pedagang kaki lima (PKL), Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H.T. Erry Nuradi M.Si menyerahkan bantuan sebanyak 400 unit gerobak dagang kepada para pelaku PKL.
Penyerahan bantuan gerobak dagang ini dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (DPD APKLI) Kabupaten Sergai dan Kota Binjai dengan masa periode tahun 2013 – 2016 yang dilaksanakan di alun-alun eks lokasi MTQ Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan, Rabu sore (23/1).
            Adapun ke-400 unit gerobak dagang diserahkan tersebut kepada PKL yang berasal dari tujuh belas kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sergai, bantuan gerobak yang diberikan tersebut terdiri dari gerobak sayur sebanyak 70 unit, gerobak rujak sebanyak 50 unit, 210 unit gerobak es dan gerobak bubur sebanyak 70 unit.
            Turut hadir dalam acara ini Wabup Sergai Ir. H. Soekirman, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Kabiro Perekonomian Pemprovsu Drs. H. Bondaharo, Asisten Pemerintahan Umum Rudi Sitorus SH, para Kepala SKPD, para Camat se-Kabupaten Sergai, Ketua Umum APKLI dr. Ali Mahsun M Biomed, Ketua DPW APKLI Sumut Permiga Orba Yusra, Ketua MUI Sergai, jajaran pengurus APKLI Kabupaten Sergai dan Kota Binjai serta ratusan PKL.
Bupati H.T. Erry Nuradi mengucapkan selamat kepada pengurus APKLI yang baru dilantik.  Dalam sambutan dan arahannya dikemukakan Bupati Ir. H.T. Erry Nuradi bahwa bantuan gerobak dagang bagi PKL ini berasal dari anggaran Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Provinsi Sumatera Utara tahun 2012 yang dikucurkan lewat Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar).
            Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 125 tahun 2012 tentang penataan dan pemberdayaan para PKL, sebagai wujudi perhatian Pemkab Sergai dalam melakukan sinergi melalui sinkronisasi, harmonisasi pemberdayaan PKL adalah dengan memberikan bantuan gerobak dagang ini.
Maka itu Bupati Sergai Erry Nuradi menghimbau dengan dilantiknya kepengurusan APKLI yang baru ini menjadi jembatan dalam membangun kemitraan dengan pemerintah maupun BUMN/BUMD dan dunia perbankan, Oleh karena itu APKLI diharapkan dapat menyusun rencana kerja yang bermanfaat bagi peningkatan perekonomian PKL di tanah bertuah negeri beradat ini, ujar Bupati Erry Nuradi.
Dalam memberdayakan PKL menjadi bagian dalam meningkatkan perekonomian kerakyatan, Bupati Sergai mengemukakan lima P hal yang harus dilakukan. Pertama, Pendataan yaitu mencatat jumlah seluruh PKL di wilayah ini, kedua melakukan Penataan tempat PKL menjadi lebih teratur dan rapi, kemudian hal yang ketiga adalah melakukan Pembinaan bagi PKL dengan memberikan pelatihan, penyuluhan dan bimbingan sosial, ungkap Bupati Erry Nuradi.
Lalu hal yang keempat adalah memberikan wadah Pembelaan (advokasi) terutama bagi PKL yang mengalami kesulitan dan yang kelima adalah melakukan Pemberdayaan dengan memberikan berbagai fasilitas peningkatan produksi dan kemudahan pedagang untuk berlapak dan berusaha, jelas Bupati Erry Nuradi.
Sebelumnya Ketua Umum Pusat APKLI dr. Ali Mahsun M Biomed memberikan apresiasinya terhadap kepemimpinan Erry-Soekirman yang selama ini telah memberikan perhatian dan pembinaan terhadap para PKL ϑΐ daerah ini, sehingga kenyamanan PKL dalam berusaha cukup terakomodasi. Untuk itu Ali Mahsun mendorong agar Pemkab Sergai segera membuat Peraturan Daerah (Perda) dalam hal menata dan membina PKL secara adil harus diwujudkan terutama dalam hal penyediaan lahan dan penataannya.
Dan melalui momentum ini diharapkan dapat membantu pedagang kaki lima akan lebih sejahtera, maka itu diminta kepada kepengurusan APKLI yang dilantik harus terus berkoordinasi dan menjadikan Pemkab sebagai mitra strategis dalam memberdayakan PKL khususnya untuk mencari solusi kebutuhan dan kepentingan para pedagang dengan sebaik-baiknya, pungkas Ali Mahsun.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *