HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati Sergai Serahkan Bantuan Dana Bergulir kepada 66 Kelompok SPP

Generasi News,Sergai
Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi menyerahkan bantuan dana bergulir kepada 66 Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) pada acara gelar kelompok SPP PNPM Mandiri Perdesaan (MPd) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2012 di Open Stage Theme Park Pantai Cermin, Kamis (20/12).
            
Ke-66 Kelompok SPP yang menerima dana bergulir pada periode Desember 2012 ini berasal dari 10 Kecamatan yakni Dolok Masihul, Serba Jadi, Pegajahan, Sei Bamban, Pantai Cermin, Tanjung Beringin, Bandar Khalifah, Bintang Bayu, Tebing Tinggi dan Teluk Mengkudu dengan total dana yang salurkan sebesar Rp. 1.978.000.000,-.
            
Turut hadir dalam acara gelar kelompok SPP PNPM MPd ini Wabup Ir. H. Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua BPMPD Sergai H. Ifdal S.Sos, MAP, Ketua UPK, Ketua BKAD dan 839 Ketua Kelompok SPP se-Sergai.
            
Bupati Ir. H.T. Erry Nuradi dalam arahan dan sambutannya mengemukakan bahwa dana bergulir bagi Kelompok SPP ini berasal dari alokasi dana PNPM MPd yang sudah berjalan selama 5 tahun terakhir dan penambahan alokasi PNPM Mandiri Integrasi tahun 2011-2012.
            
Kegiatan simpan pinjam perempuan menurut Bupati Erry Nuradi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi simpan pinjam pedesaan, kemudahan akses pendanaan dunia usaha mikro, pemenuhan pendanaan sosial dasar dan memperkuat kelembagaan kegiatan kaum perempuan serta mengurangi rumah tangga miskin dan menciptakan lapangan kerja.
            
Sebagaimana tujuan Pemkab Sergai melalui dana bantuan langsung masyarakat (BLM) PNPM MPd yang bertujuan percepatan penanggulangan kemiskinan yang memberikan kemudahan bagi rumah tangga miskin. Untuk bantuan permodalan pada kegiatan simpan pinjam perempuan, pada kondisi September sebanyak 9670 orang telah menerima manfaat. Sementara untuk dana bergulir mengarah pada pelestarian dan pemgembangan kelompok telah diberikan kepada 8012 orang.
            
Pemberian dana bergulir kepada masing-masing Kelompok SPP ini diharapkan dapat mendanai kegiatan simpan pinjam perempuan di kecamatan untuk pelestarian dan pengembangan kelompok sehingga lebih banyak kelompok SPP yang terbentuk demi peningkatan perekonomian rumah tangga.
            
Pemberian bantuan berbasis pemberdayaan masyarakat melalui Program PNPM MPd merupakan Klaster kedua dari program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang diluncurkan oleh pemerintah sejak tahun 2007-2014. Pendanaan PNPM MPd yang telah dialokasikan sejak tahun 2007 sampai tahun 2012 ini di Kabupaten Sergai sebesar Rp. 108.400.000.000,- .Sementara penambahan alokasi PNPM MPd integrasi tahun 2011 dan 2012 sebesar Rp. 11.250.000.000,-. Untuk tahun 2013, Kabupaten Sergai mendapat alokasi dana PNPM sebesar Rp. 20.050.000.000,- serta PNPM MPd integrasi Rp. 4.000.000.000,-.
             
Dalam mengupayakan penanggulangan kemiskinan, Bupati Sergai menghimbau semua pihak termasuk dunia usaha dan perbankan serta lembaga swadaya masyarakat untuk saling bahu membahu melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung tercapainya tujuan program pemerintah ini dalam menciptakan masyarakat yang berdaya, mandiri dan madani.(aris)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *