HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati Sergai Sebut 231 Balita Terpapar Kurang Gizi

beritamonitor,sergai. Bupati Serdang Bedagai (sergai) Ir. Soekirman menyatakan 231 Balita di Sergai mengalami Kurang Gizi, hal ini di sampaikannya saat menghadiri Seminar dan Workshop Gizi Buruk dan Stunting pada Balita, yang di adakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (23/1/2020)

Dikatakan Bupati Sergai Ir H Soekirman,  menurut data laporan bulanan gizi, sampai bulan November 2019 dari 20 Puskesmas yang ada di Sergai ditemukan balita dengan kasus 2T sebanyak 349 balita, balita gizi buruk sejumlah 65 balita, gizi kurang 231 balita, stunting 79 balita dan Bawah Garis Merah (BGM) sebanyak 154 balita. Untuk target stunting 2019 Sergai 27,8% sedangkan pencapaian sampai dengan November 2019 adalah 2,02%.

Maka percepatan perbaikan gizi di Sergai merupakan upaya bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat melalui penggalangan partisipasi dan kepedulian pemangku kepentingan secara terencana dan terkoordinasi dengan priorotas seribu hari pertama kehidupan (1.000 HPK). Melalui penetapan strategi Simanja (Sistem Informasi Manajemen Noktifikasi Kinerja) bikin gemas (Gerakan Empati Masyarakat Sakit) dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) dan sikarbu lihat (Sistem Informasi kartu Ibu Bersalin Sehat), Kata Bupati.

Ditambahkan Soekirman, kegiatan ini merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama mengatasi permasalahan balita gizi buruk dan stunting yang ada di Sergai. Hal ini dapat dilakukan melalui sinkronisasi program dan kegiatan yang ada di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan masyarakat menuju Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan dalam meningkatkan perbaikan gizi dan derajat kesehatan yang pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke 60 Tahun 2020 melalui tema “Gizi Optimal untuk Generasi Milenial, tegasnya saat sampaikan sambutan. (boby)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *