HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kapoldasu Lounching Penanaman Sejuta Pohon Dikawasan Danau Toba


Kapolda Sumut Louncing Penanaman Sejuta Pohon di Kawasan Danau Toba Tongging, Bupati Karo Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Ikut Jaga Kelestariandanau kebanggaan Sumut ini akan terus memberikan konstribusi serta menunjang perekonomian bagi anak cucu bangsa ini kelak.

Hal itu ditegaskan Agus Andrianto dalam acara louncing penanaman sejuta pohon di kawasan Danau Toba Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo yang dihadiri Ketua Sementara DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, anggota DPRD Sumut  Salmon Sagala, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu dan jajaran perwira Polda Sumut, Selasa (15/10) di Tongging.

“Alam harus kita jaga, karena manusia tidak pernah terlepas dari alam dan perlu kita ingat, alam tidak pernah butuh manusia. Karena itu, kerusakan alam disekeliling kita yang ditimbulkan karena ulah manusia (yang mengexploitasi alam), harus kita perbaiki kembali,” ujar Kapolda Sumut.

Berkaitan dengan itu, tandasnya, pihaknya menggugah hati para pengusaha yang selama ini melakukan kegiatan usahanya di areal alam untuk memberikan konstribusi dengan menyediakan bibit untuk ditanam kembali di kawasan Danau Toba, agar terjaga kembali kelestariannya.

“Kita tidak akan bisa memperbaiki alam, jika kita tidak melakukan upaya-upaya untuk melestarikan dan menanaminya kembali kawasan yang telah dirusak atau diexploitasi oleh ulah-ulah manusia,” ujar Kapolda Sumut sembari mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga alam untuk diwariskan kepada anak cucu bangsa.

Ditambahkan Kapolda Sumut, masyarakat seharusnya sangat berbangga  memiliki Danau Toba yang keindahannya luar biasa, sekaligus dapat memberikan konstribusi dari sektor kepariwisataan, guna menunjang perekonomian masyarakat sekitar.

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu foto bersama dengan perwakilan kepala desa se Kecamatan Merek setelah menyerahkan bibit pohon untuk ditanam secara massal di kawasan Danau Toba Tongging.

“Dengan demikian, kita harus sambut dengan gegap-gempita, karena pemerintah pusat telah menjadikan Danau Toba sebagai super prioritas pembangunan industri pariwisata unggulan di Indonesia. Mari bersama-sama melestarikan Danau Toba,” ujar Kapolda Sumut.

Dalam kesempatan itu, Agus juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemkab Karo yang telah ikut mendukung program louncing penanaman sejuta pohon ini di kawasan Danau Toba Tongging. “Kami memilih Karo lokasi penanaman ini, sebagai bentuk kecintaan kami terhadap Karo,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat bangga dipilihnya Karo sebagai louncing penanaman sejuta pohon untuk masa depan anak bangsa dan selama Agus menjabat Kapolda Sumut, telah berulangkali mengunjungi dan melakukan Baksos (Bakti Sosial) di Karo. “Untuk itu, mari seluruh elemen masyarakat ikut jaga kelestarian danau toba,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu Terkelin juga menyampaikan, selama AKBP Benny Remus Hutajulu menjabat Kapolres Karo, angka kriminalitas bisa ditekan, tingkat kebakaran hutan bisa dihindari, penyakit masyarakat dan narkoba terus diperangi dengan menggandeng tokoh-tokoh agama dan masyatakat.

Sedangkan Dirkrimsus Kombes Pol Rony Samtana Tarigan selaku panitia penyelenggara louncing mengatakan, dari target sejuta pohon yang direncanakan terkumpul 1, 120 juta pohon yang terdiri dari bibit alpukat, mangga, jengkol, manggis dan lainnya  atas bantuan dari berbagai perusahaan.

“Target kita dalam penanaman sejuta pohon ini, agar 10 tahun kedepan, Danau Toba memiliki wajah baru serta bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ujar Rony dalam laporannya.

Dipenghujung acara, Kapolda Sumut, Ketua DPRD Sumut dan Bupati Karo menyerahkan bibit kepada perwakilan kepala desa Kecamatan Merek untuk dilakukan gerakan penanaman pohon secara massal dengan melibatkan masyarakat, TNI, Polri, Ormas/OKP di areal pebukitan Tongging.(vid)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *